Generasi Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun)

Dulu, Soe Hok Gie pernah membuat tulisan berjudul “Putra-putra kemerdekaan : generasi sesudah perang kemerdekaan” (Indonesia Raya, 5 January 1970). Dalam tulisan itu, ia berbicara tentang betapa besarnya pengaruh sebuah pengalaman sejarah terhadap perkembangan sebuah generasi. Saat ini, orang-orang yang sedang dalam usia produktif di Indonesia, adalah orang-orang generasi Repelita. Sebuah generasi yang dibesarkan dengan doktrin-doktrin Presiden Soeharto (seorang militer). Dalam buku-buku pelajaran mereka, tertulis tentang tahapan-tahapan Repelita dan Pelita, lengkap dengan keberhasilan setiap Pelita-nya. Swasembada beras, peningkatan produk pertanian, pembangunan di bidang agraria, sampai industrialisasi.

Generasi ini tumbuh bersama gambar peta sebaran macam-macam bahan tambang, yang merata dari Sabang sampai Merauke, dan semua diolah oleh negara, demi kemakmuran yang merata bagi seluruh bangsa Indonesia. Dengan doktrin yang indah tentang kemakmuran ini, tidak heran jika generasi Repelita tumbuh menjadi manusia-manusia yang lemah sesnse of crisis nya, serta cenderung malas. Generasi Repelita adalah generasi yang terbuai! Benarkah orang-orang dalam usia produktif di Indonesia saat ini merupakan generasi seperti ini?

Bisa juga, generasi Repelita adalah generasi yang tertipu. Generasi ini dihadapkan pada kenyataan bahwa negaranya harus impor beras (swasembada beras?), negara harus impor BBM (tambang minyak yang bertebaran itu ke mana?), petani tercekik harga pupuk (pembangunan di bidang agraria?), pendidikan hanya untuk orang kaya, dan seluruh rakyatpun harus hemat listrik dan BBM (percayalah, rakyat miskin otomatis hemat listrik dan BBM).

Kemudian dapat dikatakan bahwa, orang-orang dalam usia produktif di Indonesia tumbuh menjadi generasi yang suka menipu, serta generasi yang tidak percaya kepada pemerintah.

Dari kedua jenis generasi tersebut, dimanakah sebenarnya generasi ini (orang-orang dalam usia produktif) berada?

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: