again : FILOSOFI OBAT PANU

Ini juga postingan lamaaaaa. tapi hari ini saya pergi ke lokasi project. it was really great, even though it was rainny during the hike…. Gara-gara lihat pelaksanaan proyek ini, jadi inget posting an nya, trus…. di pindah deh, dari rumah lama……

Sekali lagi: Kenapa sih??? pemerintah kita selalu ngeluarin kebijaksanaan yang aneh? Ga masuk akal?? Ga jelas efektivitasnya??? Susah ngawasinnya???? Bahkan kadang terbukti ga ada gunanya, tapi tetep di lakukan lagi????? Kaya BLT suck!! itu?? Coba apa esensi nya ngasih orang duwit 100 rebu buat sebulan?? bisa buat apa coba?? Kayak buang duwit di kali aja!! Udah gitu, efek buruknya jelas banget lagi!! Merusak pranata masyarakat! Kata pembantuku, orang-orang di desanya (trenggalek) yang ngga kebagian BLT ga mau di ajak kerja bakti, ga mau ikut iuran-iuran apa pun. Katanya “kalo yang gini2 aja kita d ikutin, giliran dapet duit kita ga di bagi!!” Bayangin, masyarakat desa yang katanya “guyub” saling tolong…. jadi…. well, pikir sendiri deh! Trus ada kepala desa yang “bijak”, dia membagi rata seluruh dana BLT yang ada, jadi semua rata ga pake iri. Jadi, miskin, kaya, sedeng, semua dapat samaaaa rataaa samaaa rasaaa, macam komunis!! jadi, sebenernya bijak ga sih?? belum lagi menyuburkan budaya “mengemis” budaya “ayo jadi miskin” Ini cerita pembantu saya yang lain, dia tinggal di surabaya. Beberapa waktu yang lalu dia cerita ke pembentu-pembantu saya yang lain, dengan bangga, dia baru beli beberapa kalung emas buat anak-anak nya. Kaya bow!! Tak lama BLT part 1 di luncurkan, dia pun serta merta teriak-teriak kalo dia mesti dapet!! Miskin dia sekarang!! Kayaknya BLT itu emang banyak mudarat nya ketimbang manfaat nya. OK ok ok, pemerintah punya program lain yang namanya KUR (kredit usaha rakyat) yang kata mat solar (di iklan) ga repot, ga ruwet, ga ribet, dana mudah di urus. Sayang nya, ga di kasih tahu gimana skema pengembaliannya…. Jangan-jangan seumur idup bayar bungan ama makan pas-pas an, tapi modal awal tak jua tertutup??? aduh…. jadi neg-think (negative thinking) nich…. maaf pak pemerintah!! Yah, program ini bagus sih! Bukannya kita semua tahu kata-kata bijak yang mengatakan “beri kailnya, bukan ikannya??” Tapi, kembali ke BLT, bukan berarti kalo ada KUR, jadi boleh buang uang ke kali kaaannnnn????

Coba bandingin ama brosur yang saya dapat dari teman Swiss saya ini. Malu ga?? Saya malu. Dia dan yayasanya ngasih kerjaan buat orang Muntigunung, bukan kasih duwit beasiswa buat anak Muntigunung, biarpun tujuan akhir yayasan adalah menyekolahkan anak-anak Muntigunung….. Dia bikin wisata trekking di sekitar gunung Agung, pemandunya orang-orang Muntigunung. Nanti pelan-pelan pengelolaannya juga di serahkan pada orang2 Muntigunung. Di brosur jelas di katakan, tamu ga boleh kasih duit ke pemandu, pemandu dah di bayar ama travel agent!! jadi, yayasan ga mau budaya ngemis di lanjutkan!! Yayasan juga ngajarin orang Muntigunung untuk berkebun, ga cuma itu, di ajarin meningkatkan kulitas tanaman, dan…. di cariin pembeli. Ga kaya program penanaman jarak pagar by pemerintah Indonesia di daerah Lombok, yang mangkrak, berakhir dengan masyarakt membabati jarak pagar mereka!!!!

Sekali lagi: Kenapa mesti NGO asing? kenapa mesti bule?? kenapa bukan pemerintahan gw sendiri??? bahkan pemerintah kabupaten Karangasem baru-baru ini aja ikut mendukung program untuk Muntigunung ini, tapi dukungannya ya ga sepenuh ati juga sih, bahasa alusnya tuh : ga gedhe-gedhe amat sih….
Trusssss!!! WHERE ALL THOSE INDONESIA’S SMART PEOPLE GONE???
(Terdengan jawaban lirih : ke luar negri kale neeeeeeeng)


Advertisements
Leave a comment

1 Comment

  1. Perempuan!! Rubahlah muka dunia!! « it's…. just a note

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: