Menciptakan generasi penipu??

Sudah puyenk berat lihat berita soal Gayus Tambunan, trus…. lebih puyenk (plus iri bukan buatan) sana bekas cleanning service yang punya rumah 3 mobil…. Di lihat secara positif, saya bisa bilang : ternyata orang indonesia tuh kreatif lhoooo yaaa. Pandai melihat celah, dan cemat memanfaat kan peluang!! Bayangin, ngambil duit segitu gedhe nya… emang gampang?? Pasti di butuhkan muslihat yang luar biasa cerdas… Tapi emang ending nya kok ya agak sedih ya *ketangkap siiih* coba ngga anti klimaks gitu, kan bisa jadi the next legend, macam Jack the Ripper…..Kalo di pikir-pikir, dari mana ya mereka mengasah kemampuan-kemampuan itu? Di STAN?? kaya Gayus yang lulusan STAN… apa di lingkungan tempat mereka di besarkan? Atoooo, di ajarin di dalam keluarga  masing-masing?? Saya sama sekali ga mau menyinggung  SARAP (Suku, Agama, Ras ma Pendidikan) jadi, tolong jangan tersinggung dengan kata-kata saya. Well…. tersinggung boleh lah, asal jangan pake sakit ati, OK OK oK?? *maksa!!*

Kemudiaaann…. ga sengaja saya menemukan jawaban… well, mungkin bukan jawaban yang sebenarnya, secara saya ga pake riset sama sekali…. Tapi…saya serius mikir, kalo mungkin ini laaahhh biang kerok nya….. Beberapa waktu yang lalu saya ke Jepara, dalam rangka berhedon ria di Karimun jawa. Sepulang nya dari Jepara, secara saya males naik angkot ke Kudus, saya pun minta tolong saudara saya buat menjemput saya, kakak saya ama seorang teman saya. Jadi lah kami ber 3 di jemput di pelabuhan Kartini, Jepara.

Saudara saya ini udah pnya anak 2 ekor, uuups!!! 2 orang, perempuan semua. kira-kira umur 6 ama 4 tahun lah ya.  Yang gedhe udah sekolah. Pas njemput kita, kelihatan banget kalo anak yang tertua lagi BT surete.  Kami mampir ke sana kemari, salah satu nya ke ATM, dan cari oleh-oleh. Sementara lagi ke sana kemari, semakin BT lah si anak, sampe menjerit-jerit histeris. Saya sampe sungkan setengah mati. Saya kira, si anak BT gara-gara ke lamaan di mobil gituuu. Ternyata oh ternyata….. Pas sebelum menjemput kami, si anak ini lagi bikin PR.  Si mamah bilang sama dia :

“Ayo cepet bikin PR nya, ntar saya ajak berenang!” girang dooonk, cepet2 di selesai in. Tapi… tahu kan gimana akhirnya? Secara kolam renang emang ga ada di jadwal…. yang ada adalah : jemput kami di pelabuhan, trus makan di Ayam goreng kapitalis. Si anak mulai berasa dooonk, dia ga ke kolam renang, BT lah dia!! Dan si mamah dengan “lincah”nya kasih alasan :

“Yaaah… kamu pilek gitu!! ga jadi ke kolam renang laaah!!” JEGEEER!!!

“Kita ke ayam goreng kapitalis, kan kamu bisa main di sana!!” hmmmm…. ga dapat hadiah utama, dapat hadiah hiburan??

Ternyata, kita ngga juga segera ke ayam goreng kapitalis. kita sibuk cari ATM laah…. mampir di toko oleh-oleh…. Si anak dah BT amit-amit, mulai menjerit-njerit minta ke Ayam goreng kapitalis langsung. Kepala ku serasa mo pecah jadi 4, secara saya emang sensi ama suara jeritan anak-anak. Trus hati saya terbelah 3, soalnya saya merasakan sakit hatinya si anak di tipu mentah-mentah sama si mamah….. Sebenernya, sampe ayam goreng kapitalis pun, kita ga bisa langsung order, secara kami keluarga china betulan aseli banget *asli perhitungan, maksudnyaaaa*, jadi kita menunggu jam nya ATTACK. Kenapa juga… si anak ga di kasih tahu kalo mesti nunggu barang 15 menit?? Sampe di ayam goreng kapitalis, si anak langsung ceria, main-main di plorotan gedhe. Abis makan siang, dengan (cukup) ceria, dia keluar restoran. Lalu si mamah dengan “BUANGGAAAA” bilang : “Naaa…. beres kan…..” Maksudnya, segala kebohongan dia telah di lupakan oleh si anak…… Saya bertanya dalam hati, “Benarkah dia lupa??”

Di mobil berceritalah si mamah soal ini dan itu, salah satunya soal style dia mendidik anak, yang penuh tipu muslihat itu….. Dia bilang : kalo si papah (suami dia) ngga mau nipu-nipu gitu, tapi… jadinya si papah lah  yang jadi bulan-bulanan si anak. Kalo si anak minta es krim, maksud nya, minta es krim pake histeris lah ya…. Si papah bakal beli’in. Kalo dia *mamah yang cerdas duooonk* dia bakal bilang : Iya… ayo, beli. Trusss… mobilnya di belokin di tempat lain, yang jelas ga di tempat beli es krim. Trusss…. si mamah menjelma jadi artis sinetron dong : “lhooo, supermarketnya kok tutup, dah pindah ya?? Wah…. ga ada es krim dehh “. Si mamah menceritakan hasil akhir tipu muslihat nya ini dengan bangga : “Dia percaya tuuuhhh!”

Saya garuk-garuk pantat saya yang ga gatal…. Si mamah sempet bilang kalo dosa nya bakal dia tanggung….. Trus saya mikir, kalo misalnya ni anak gedhe jadi “Gayus” trus…. apa dia juga masih mampu menanggung dosanya?? Biasanya, penyelewengan keciiiill… kalo di lanjutin terus, akan jadi penyimpangan besar loooh!!! OK, mungkin saya berlebihan… Mungkin kebohongan-kebohongan itu cuma jadi bagian dari masa kecil yang bakal terlupakan…..

Dalam perjalanan naik bus dari Kudus balik ke Surabaya, saya mikir :  SEANDAINYA  saya besok punya anak…..saya ga mau membesarkan anak saya dengan kebohongan-kebohongan!!

Advertisements
Leave a comment

5 Comments

  1. epentje

     /  01/05/2010

    eh… anak kecil bukan gampang di bohongin, tapi anak kecil gampang di alihkan, dan salah satu trik nya emang mengalihkan mereka, misalnya mereka meraung2 di mall minta mainan, daripada lu malu dan marah, alihkan aje perhatian mereka bilang mau ke timezone ato apa… tar juga langsung dia dan mau main timezone aje ketimbang beli mainan… setelah berurusan sama keponakan gw, baru tau kalo elo gak alihkan, elo bisa pusing sama mereka….. jadi alihkan aje perhatian mereka ke hal2 yg lain, bukan ngajarin berbohong dong, lagian mereka masih gak ngerti kalo di bohongin…. nah!! kalo udah gede dan ngerti terus keterusan gaya ngibul kayak gitu… baru deh masalah… tapi anak sekarang pinter2, thanks to susu formula entah pake formula apa yg muahal banget itu, makanya jadi pinter kan? emang itu tujuan ortu nya beliiin susu mahal kan? 😛

    Reply
    • @epen. Mengalihkan sih boleh, tapi mengalihkan kan ga sama sama nepu?? sekarang kalo dari awal loe di minta bikin PR, trus sebagai imbalan mo di ajak renang…. ternyata engga jadi??? kalo gw, mungkin 1-2 kali sukses, besoknya gw ga bakal bikin PR!!! Misalnya nih, si anak merengek histeris d toko mainan, trus si mama bilang “iya… gw bwliin, tp ntar, ambil duit d ATM dulu” trus, pas jalan ke ATM, d belokin ke parkiran trus pulang….nepu bukan?? kata gw (yg sok teu-tak punya anak-tak punya keponakan-tak tahu rasanya jd mamah) ya nepuuuu!! Harusnya anak nya d kasih tahu “mamah tak punya uang!! tak boleh beli!”
      Waktu saya kecil, mamah suka bilang “kamu mo ikut ke supermarket? JANJI YA!!! TAK BOLEH MINTA APA2!” Di supermarket, jgn coba2 minta! Sampe berani minta, di tinggal pulang beneran sama mamah!!
      U’re right….anak sekarang pinter2 (well, blame it to the susu formula) Jadi, saya rasa, gaya “parenting ngibul” ini bakal semakin beresiko….

      Reply
  2. test2x …

    ternyata weblognya keren oeee… mantabb

    Reply
  3. Genteng Indah

     /  13/08/2010

    Walah Neng, saya dulu jg kena ajaran super keras macam itu sampe akhirnya jd orang ga bisa bohong. Ealah ini di tempat kerja skr malah dituntut kudu muka 2, kl gak bonyok sendiri..
    Malah sempat mikir apa sebaiknya jgn ngajarin yg “aliran keras” begitu, ntar anaknya jadi gak kreatip krn nurut aturan baku melulu, malah dikerjain sama yg tukang ngibul terus..

    Reply
    • @Genteng indah. Hm…ada beda nya kreatip, tukang bo’ong, dan orang ga bisa bo’ong (ato bisa di bilang terlalu lugu??) Kalo di ajaran konfusius modern yang saya baca, rumput itu lemah dan ringkih, di banding pohon besar. Tapi…..justru rumput yang lentur, bisa bertahan dalam badai, di banding pohon yang kaku, akhirnya tumbang.
      Jadi orang hidup harus kreatip…… kalo soal jadi pembohong, penipu, atau orang jujur, itu urusan pribadi masing-masing. Asal jangan bo’ong ma saya/nipu saya, soalnya, kalo ketahuan, saya pasti marah! Saya sendiri saya ga mau bo’ong banyak-banyak, soalnya ntar efeknya pasti balik ke saya juga, soalnya saya meyakini “segala sesuatu yang saya lakukan akan kembali kepada diri saya sendiri, sperti waktu kita melempar batu pada air, gelombangnya pasti ada yang kembali kepada saya. Kalo kamu menganggap ngajarin anak bo’ong adaah salah satu ajaran agar dia bisa survive dalam hidup…. ya itu juga urusan mu :))

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: