Q! Film Festival

Sejak sering berkeliaran masyuk klyuar blog-blog smart queer, saya jadi tahu ada festival film independent yang judulnya Q! Film Festival. Yang ngadain Q-munity, yang kurang lebih artinya queer community. Secara serta merta ga pake riset, saya anggap aja queer itu LGBT lah. Menurut si Wiki yang sok tahu, queer artinya sesuatu yang ga lazim (umum). Harusnya ga selalu berhubungan ama orientasi sexual sih…. tapi keknya sekarang-sekarang ini, queer selalu di asosiasikan dengan orientasi sex yang ga lazim (umum).

Jadi… kalo yang namanya Q! Film festival, mesti nya sudah terbayangkan ya, film-film macam apa yang di putar *lupakan Brookback montain!! Itu bukan indie movie!! Pliss duech!* Ternyata banyak loh, film-film indie bertema queer…. dan bagus-bagus! Produksi nya juga bervariasi, mulai dari India, Tailand (no wonder), China, Amerika latin, dan tentu saja Eropa! Tahun lalu Q! Flm Festival di adakan di Surabaya juga, tapi akhirnya dengan 1001 macam alasan, saya ga datang.  Padahal sudah di review sama Ratu Fa abis-abisan!  Akhirnya, tahun ini….. di dorong oleh (lagi-lagi) review ratu Fa, dan di tarik oleh seorang gay friend, datanglah saya ke CCCL buat menghadiri pembukaan Q! Film festival, tanggal 5 OKtober 2010! Yessss!!

Dengan bangga, pelaksanaan Q! Film Festival di Surabaya adem ayem,  minus kehadiran si  sok benar FPI lohh!! Ga kayak kejadian di Jakarta…. OK OK, ga usah mengingat kan saya soal penyerbuan plus pembubaran konferensi Asia LGBT (ILGA) di Surabaya! Ternyata… pembukaan Q! Film Festival di CCCL Surabaya asyik loh!! Secara saya kira acaranya cuma nonton film gratis… ternyata oh ternyata, macem-macem  acara nya…. Film yang di putar adalah cin(T)a. Sayang baget, CD nya rusak sedikit, sehingga berasa nonton CD bajakan seri CSI bolehnya minjam dari Feb. Tapi sutra lah, secara keseluruhan masih OK. Lalu acara di lanjut dengan penampilan kesenian perkusi dan baca puisi oleh kelompok seniman Surabaya. Sejujurnya, saya sering merasa kalo seniman itu queer juga loh. Soalnya…. meraka kan suka dianggap menjalani pilihan hidup yang ga lazim…. Terus, di lanjut show drag queen!! Hahaha!! Acara nya queer banget ya! Entah kenapa, nonton show nya drag queen itu rasanya beda banget dengan nonton lawakan si Tessy. *Yaiks! Tuwak amat! Emang Tessy masih exist ya bow? * OK OK, saya ganti : rasanya beda banget sama nonton lawakan si Olga. Kesan nya gimana ya….. yang jelas drag queen berada di panggung  bukan untuk ditertawakan, atau bahan pancingan tawa penonton. Saya kagum abis waktu mereka pada pura-pura jadi Beyonce, nyanyi  “Single Ladies”, lengkap sama choreography nya yang sulit minta ampun itu!  Selama show, saya dan si gay friend ngga henti-hentinya memelototi sepatu-sepatu yang berkeliaran di panggung! Hahaha!! Carrie Bradshaw moment!

Selain drag queen show, ada juga fashion show, yang… baju-bajunya menawan!! Sayangnya saya ga siap kamera, jadinya ngga di poto deh! Designer nya (kayaknya) tranny, dan selera nya bagus banget! Sayangnya, show ini agak meng-anak tirikan sepatu, jadi banyak sepatu yang ga matching ama bajunya! Mungkin masalah budget juga.

Sebenernya, saya bener-bener “dragging myself” buat ke CCCL hari itu. Secara, minggu itu saya banyak kerjaan. Bahkan hari itu saya ada janji motret di 2 lokasi. Sangking mepet nya, saya ga sempat pulang lagi. Jadi out fit saya di Q! Film Festival kemarin bener-bener aduhay…. Standard baju kerja, lengkap dengan keringat seharian, muka ga kena air sejak bangun pagi tadi, tas ransel, tas kamera, dan tas tripod! Itupun pake telat, untung si gay friend ga nyolot (kek nya dia sudah maklum sama saya yang telatan…. hihihi!! Sorry friend)  Hasilnya, sama sekali ga nyesel datang!! Pembukaan lagi! Sayang tak bisa tebar pesona! Kan belum mandi! Hahahhaha!!

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

