Ada Apa Dengan Putri Indonesia??

Dari sejak dipilih, langsung santer gossip kalo Nadine Alexandra Ames, Putri Indonesia 2010 itu ngga fasih ngomong bahasa Indonesia….. Kebalikan dari Putri Indonesia sebelumnya, Qory Sadioriva, dia ga fasih bahasa Inggris. Hahaha!! Nobody’s perfect kan?

Gara-gara motret si  Nadine Alexandra, Putri Indonesia 201o ini, saya jadi mikir beberapa hal tentang  kontes ini….

Pertama, soal langganan pemenang. Pemenang Putri Indonesia ini sekitar 80% adalah wakil dari DKI Jakarta. Seandainya pun bukan wakil DKI Jakarta, dia pasti sudah lama tinggal di Jakarta, dan ngga bisa bahasa daerahnya sendiri….. Bagi saya, ini menyedihkan. Ya iya lah… secara Ja-Tim cuma menang 1 kali *huuuuuuuu!! Kirain kenapa!*  Terhitung cuma beberapa kali pemenang dari luar jawa, itu pun…….ngga asli, hihihi! Kayak Susanty Manuhutu, wakil Maluku, sebenarnya dia orang Maluku rasa Jakarta…. terus terang, saya merasa bahwa kontes Putri Indonesia ini Sangat Jawa sentris, khusus nya Jakarta Sentris. Padahal, kalo saya lihat-lihat, wakil Papua, wakil Nusa tenggara juga ga jelek…. Iya… item kriting!! Tapi, bukan nya Putri Indonesia itu Brain-Beauty-Beahaviour?? Sehingga isi kepala juga harus diprioritas kan? Lagi pula, yang namanya cantik kan relatif? Sesuai selera?

Logo nya aja begini… jelas aja Jawa sentris!!

Kedua, soal tampang. Akhir-akhir ini, putri Indonesia bertampang ga Indonesia…. Paling parah emang Nadine Chandrawinata, yang biar nama pake Chandrawinata, tapi muke nya bule abizz Katanya Nadine Alexandra Ames juga blasteran? Solo-Inggris gitu.  Tampang nya agak internasional (baca: muka campur-campur) juga sih.  Saya heran, namanya putri indonesia, kok muka ngga Indonesia ya? Coba bayangkan, kalo peserta dari Tanzania (Africa)  bermuka putih pucat, mata biru, dan rambutnya merah terang! Pasti rasanya agak ajaib!! Secara, pake merem aja kita udah bisa ngebayangin gimana kira-kira bentuknya orang benua Africa itu. Well… saya sih lebih suka kalo Putri Indonesia ber tampang Indonesia, hihihi!

Ketiga, kemampuan ber-bahasa asing. Akhir-akhir ini masalah bahasa emang lagi hot, kata si Paris Hilton : H.O.T. Ada si Qory Sandioriva, Putri Indonesia 2009, yang terbata-bata ditanya dalam bahasa Inggris, di panggung pemilihan Miss Universe…. Lalu, yang legendaris, “Indonesia is a beautiful city” by Nadine Chandrawinata…… Kok bisa? Putri yang satu ini kacau Inggrisnya, padahal tampang udah bule banget?? Soalnya, dia bisa-nya German! Abis…. blasteran German shepherd sih! *hihihi!*  Lalu yang terbaru, Nadine Alexandra, yang justru terbata-bata ngomong bahasa Indonesia. ternyata… dia baru pulang ke Indonesia 3 tahun yang lalu. Penting ngga sih, bisa ngomong Inggris faseh-seh-seh?? Kata saya, ENGGAK! Yang penting bisa, ga perlu faseh-seh lah…. Kalo pas ngga yakin, mending pake penerjemah! Coba, berapa kali kita punya Miss Universe yang pake penerjemah di panggung final?? Ga cuma sekali looohh!! Tiba-tiba saya teringat hal extreme yang saya pikir pantas kita lakukan. Dulu, Dr. Sun Yat sen selalu pake penerjemah kalau pidato di forum-forum resmi PBB. Hampir semua orang bule bilang : ini China payah-ngga bisa bahasa inggris- kuno banget-maklum negara tertinggal. Tapi… pas pidato makan malam yang gak resmi, dia ngomong bahasa Inggris dengan lanchar-char-char bak minum obat pencahar!! Jadi… apa salahnya ngomong pake bahasa indonesia yang indah nan exotic di atas panggung Miss Universe, dan ngomong bahasa Inggris untuk forum ngga resmi?? Biar semua orang sedunia tahu, kek apa exotic nya bahasa Indonesia!!

Keempat, soal keikutsertaan Putri Indonesia ke pemilihan Ratu sejagad. saya sempat dengar, YPI (Yayasan Putri Indonesia) sengaja memilih putri Indonesia yang rasa Internasional. Muka Internasional (baca: muke campuran), dan faseh-seh berbahasa Inggris. Soalnya….. supaya kans menang di mMiss universe semakin besar! Saya heran, kenapa segitu terobsesinya untuk jadi pemenang Miss Universe? Sampai kita harus-harus mempermak tampang Indonesia menjadi tampang Amerika latin (soalnya daerah itu yang sering menang) Ya ngga mungkin laaah!!? Ga bisa kah kita enjoy aja dalam kontest ini? Join ke pemilihan Miss Universe sebagai orang Indonesia? Bertingkah kayak orang Indonesia, cerdas ala orang Indonesia, pake baju renang kayak orang Indonesia kebanyakan, cantik ala orang indonesia, ngomong bahasa Indonesia…. bukan SEKEDAR model pake baju adat modifikasi, tanpa identitas yang unik?? Kita toh ga usah menang untuk bisa terlihat….. Lagi pula, kalo yang menang emang selalu tampang amerika latin, kenapa YPI ngga ngadopsi bayi Venezuela aja,  biar ntar gedhe bisa di ikutin ajang Miss Universe, sebagai wakil Indonesia?? Kayak nya lebih menjanjikan tuh! Bagi saya, justru dengan tampil unik, semua mata memandang loh!! Dan sekali lagi, kita ngga perlu pura-pura jadi orang lain, untuk menang. Lagi pula, menang Miss Universe itu NGGA PENTING!!

 

Advertisements
Leave a comment

5 Comments

  1. Well, Soe… dari pandangan pertama, tanpa memperdulikan kriteria yang lain, kayaknya memang dia yang paling cantik kok ya… Tapi ya gitu rasa internasional.

    Tapi yang dari Jateng dan Banten itu lho, wajahnya heboh. Eh, jawa ngga boleh lagi ya? Okay deh yg dari Sulawesi Tenggara saja, seger bok…!

    Reply
  2. @Bedjo. Wajah heboh tuh keke apa sih? hahaha! Wajah finalis banten ini mengingatkan aku pada Inul Daratista!! hahaha!! Oh, ternyata seleramu model-model Sulawesi tenggara nih? Tapi dia ga chubby loooh! hihihihihi!!!i

    Reply
  3. Itu dah maksudku, Soe… Ya Inul itulah kecantikan asli versi Indo, ngebornya juga ngebor asli versi Indo sampe dijiplak habis2an sama Sakhira!

    Aehm… Girl doesn’t need to be chubby to looks sexy… But for men, it’s a must..! *-wink-wink*
    Dah ah! tar digaplok sama pencinta cowok macho, kabur duluan ah…

    Reply
  4. Mangstaph sis, I like your article a lot!

    Reply
    • thank you pakdoz! wah, blognya bikin penyakit “pingin pindah mac” saya kambuh! hahaa!

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: