Kawin…! Kawin…!! 2#

Ceritanya, saya “hang out” di sofa bridal, sambil nungguin client saya di tata rambutnya.  Mata agak ngantuk, otak agak macet, akhirnya saya menggunakan fasilitas GPRS *yang katanya gratis selama setahun* buat update status.

Sudah lama saya mikir, kenapa pilihan paling populer untuk wedding dress ini adalah putih dan saudara-saudaranya? Dulu beneran putih kertas gitu. akhir-akhir ini muncul warna-warna macam off white, pale cream, champagne, ato putih pake bordiran biru, aksen pita merah…. at least agak-agak berwarna lah.  Lalu saya menghadap kepada Google YMT (Yang Maha Tahu). Dari semua uraian, kayaknya saya paling sreg sama uraian malaikat Wiki.   Jadi, dulunya, di Inggris, baju orang kawinan sih tergantung kekayaan masing-masing. Kalo kaya’ banget, bisa pake velvet merah maroon, bordiran emas, ya monggo….. Kalo miskin, baju paling cantik yang di punyai, katun biru bunga-bunga putih, ya itu lah yang di pake….. Trus tahun 1840, si ratu paling happening, Queen Victoria pake wedding dress dari sutra putih dan lace putih…. Secara ratu ini istilahnya adalah fashionista sejati kek Coco Channel lah… segala yang ia pake, selalu jadi trend. Tahu istilah ‘gaya victorian’ ga cuma style baju loh, tapi juga victorian furniture, victorian architecture, victorian interior,  termasuk manusia nya : victorian lady!? Segitu hebatnya si Queen Victoria, sampe bisa jadi style!!  Setelah itu, brides di Inggris jadi suka pake wedding dress putih.

Ga tahu siapa yang mulai dulu, si Queen Victoria pake baju putih, terus orang-orang pada mikir : “Wow! the queen is wearing white! Fabulous! She looks so pure and spotless!!” Trus semua berame-rame pake baju putih… Ato queen Vic mikir “I’m so pure, never be with someone else! I’ll wear perfect white wedding dress, so everyone will know, i’m spotless!” Pokoknya, sekarang, putih adalah pilihan warna paling lazim buat wedding dress. Dan warna itu di asosiasikan dengan purity, dan  virginity.

Pake baju warna putih sebenernya adalah tradisi lama gereja-gereja Kristen. Mestinya sih lambang suci, ga berdosa gitu kali ya? Misalnya jubah pemuka agama kristen, warna utamanya pasti putih. Choir nya gereja di negara-negara  eropa juga suka pake baju putih. Trus kalo babtis, juga pake baju putih. Jadi, ga heran kan, kalo mau di berkati di hari pernikahan, juga pake baju putih?

Na…… yang heran adalah, kenapa ga aturan untuk bajunya groom? Kalo the bride pake baju putih untuk lambang purity dan virginity, trus, kenapa kebanyakan groom pake black suit? Ini lambang bahwa groom emang ga mungkin pure apa lagi virgin?? Teman saya di FB membalas status saya, katanya : Black is DEATH, miss Soe. Laaaah?? Apa kabar black suit itu tadi? Kayaknya…. itu artinya masa lajang si groom, yang terdiri dari serangkaian party, ONS, mabok, judi bola sampe bokek, serta mobil sedan 2 pintu, akan MATI!! Yak! Selamat datang di dunia married man yang dull! hahaha!! Bagi saya, wedding dress warna putih itu bener-bener ga ada esensi nya….. Kalo emang mau penuh dengan perlambang, harus nya baju groom nya juga harus penuh dengan perlambang dong? Ada beberapa groom yang make white suit, bagus juga, jadi matching ama wedding dress nya. Tapi… salah sat teman baik saya bilang : ga mau pake white tuxedo, soalnya ntar abis pesta ga bisa di pake ke mana-mana!!! Ya, kalo wedding dress di Indo emang kebanyakan sewa sih…. Kalo di beli, besok-besok mau di pake ke mana coba?? See, bahkan wedding dress aja disewa, padahal, dulu nya, wedding dress di pake lagi waktu bride nya masuk peti mati…..

Kayaknya, ga terlalu sinis kan, kalau saya bilang : Sudah lah, lupakan segala macam tradisi yang sudah ga jelas maksud dan tujuan nya, perlambang yang sudah ga relevan, serta harapan-harapan yang terlalu muluk!!! Apa lagi, kalau itu ngerepotin, contohnya : Ekor panjang di bagian belakang wedding dress yang sangat merepotkan dan berat….. Yang artinya…. cinta sang  bride yang bakalan  long lasting……. extended…….  ngga cuma buat suaminya, tapi juga untuk keluarga nya. Lalu, apa kabar dengan the groom? Punya lambang apa dia, buat cinta nya? Jadi….. selamat datang di abad ke 21, di planet realita, di mana sudah jarang bride yang virgin *putih? putih apa??*, dan lebih dai 60% pernikahan berakhir dengan perceraian *ternyata, rok panjang ga menjamin!!*.

Eh, Sebenernya, banyak loh, traditional brides yang ga pake warna putih! Tapi entah kenapa akhir-akhir ini semua pada pake putih…

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: