Tanjung Papuma, Jember

Sebenernya, agak lama juga dengar soal pantai yang satu ini, Tanjung Papuma. Jember ngga jauh-jauh amat, tapi entah kenapa ngga juga ke sana dari kapan hari, sampe nunggu ada job poto, baru berangkat.

Jalan nya ke Jember, kalau pake mobil, 6 jam!! Iya, semenjak ada lumpur Lapindo, semua jadi berubah, plus macet di sana-sini….. Tapi, kalau pake kereta api, masih lumayan, 3 jam, katanya. Iya, katanya, secara saya ngga nyoba sendiri naek kereta.

Pantai Papuma ini, tepatnya sih di Kabupaten Jember, yaitu sekitar 1 jam dari kota Jember. kurang lebih 45KM ke arah selatan kota Jember.  Pantai yang terkenal di kabupaten Jember ada beberapa, salah satunya adalah Watu Ulo, yang bertetangga dengan pantai Papuma ini. Papuma pasirnya putih, sementara watu ulo pasirnya hitam. Padahal, kedua pantai ini sejajar, dan jaraknya ngga jauh loh…. Paling-paling 15 menit pake mobil. Kok bisa?? Ya… mana kutahu lah, coba di tanya sama ahli geologi atau ahli kelautan gitu.  Pantai ini di kelilingi hutan, serta sawah. Jadi, biar ngga bosen, boleh deh jalan-jalan di hutan dulu, baru ke pantai. Katanya, lagi-lagi katanya, secara saya ngga lihat sendiri hewan-hewan itu, di hutan ini banyak binatang, kayak babi hutan, landak, burung dan rusa. Saya jalan-jalan di hutan sebentar, tapi hutan jati sih, mana ada hewan tinngal di hutan jati, kecuali semut?? Kalau ke sana, enak pake kendaraan pribadi deh, secara saya sama sekali ngga kelihatan kendaraan umum di sana. Dari jalan besar, masuk ke pantai Papuma jauuuuh loh!! Kalo mo jalan, bisa kali ya 3 jam an gitu, mbelain banget!! Kalau saya harus jalan masuk, saya pasti nginep di sana! Kalo engga, rugiiii! Di Papuma ini banyak penginapan, degan segar, dan warung ikan bakar!! Enak juga ikan nya! Mereka punya ikan yang khas, namanya  Putian, dan saya ngga seberapa ngerti, ikan jenis apa apa itu?? Harga nya? maaf… secara saya di traktir, jadi ngga tahu apa harganya “a la tempat wisata” atau “a la sewajar nya” .

Tanjung Papuma dan Jember, bener-bener worth visit!!

Advertisements
Leave a comment

5 Comments

  1. Feb

     /  13/04/2011

    Aku kok bingung. Sakjane kamu ini ke Papurma ga seh?
    Sebentar bilang “katanya katanya”, tp juga blg “ikannya enak, ditraktir”.

    Reply
    • iya, aku ke Papuma, pake mobil, KATANYA, kalo naek kereta 3 jam
      na…. KATANYA, di hutan ada hewan2 itu, kan aku nggak ketemu hewan nya, jadi ya…. KATANYA
      gituuuuuu

      Reply
  2. Sekali posting langsung banyak ya, Soe? Udah lama ga posting, ngapain aja nih?
    BTW, poto2nya di kasih watermark deh Soe, daripada dicuri-curi orang… 😀

    Reply
    • sibuk nya sih ngga kayak apa gitu Byq….. seperti yang kau bilang….ini masalah komitmen! dan komitmen emang suliiiit! hahhaha!! Terima kasih soal masukan nya, boleh deh 🙂

      Reply
  3. Feb

     /  28/06/2012

    nek, nginep dimana? hotel bersih tp murah. Bintang Mulia kemahalan :p

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: