Comitment, that’s all i need

Suatu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah COMMITMENT!! Dengan commitment, semua hal bisa diselesaikan!! Bahkan, janji pun ngga ada apa-apa nya di banding dengan komitmen (kita ganti bahasa indonesia mode ya!!) Sebuah janji, tanpa komitment untuk menjalankan nya, sama saja bohong besar! Mungkin karena tinggi nya nilai komitmen, dalam bahasa indonesia ada istilah janji palsu!! Tapi… ngga ada istilah komitmen palsu! Komitmen sih sebenarnya lebih pribadi, sehingga orang bisa menceritakan janji-janji nya ke sana kemari, tapi tidak dengan komitmen nya.

Hmmm… harus nya yang diucapkan pas kawinan tuh, bukan “janji pernikahan” dong! Harus nya komitmen pernikahan! Hahaha!!

Misalnya dulu, waktu saya masih kuliah di 2 tempat. Kenapa saya bisa kuliah di 2 tempat? Tentu saja bukan karena saya iseng serta pengangguran, tapi saya emang rada sinting aja! Hahaha! Bagaimana saya bisa lulus dua-dua nya? Karena saya berkomitment untuk lulus tentunya! Saya emang punya janji dengan si mamah, untuk menyelesaikan nya. Tapi, yg benar-benar membuat saya “berhasil” adalah komitmen saya. Saya menyelesaikan nggak dengan cumlaude, tentunya…… Dan tidak tepat waktu, pasti nya!! Yang satu tepat 3 tahun (D3) yang satunya lagi lebih dari 6 tahun (S1) Hehehehe! Yang penting kan selesai! Waktu itu, selain ke dua kuliah itu, saya juga “terjebak secara suka rela” ke dalam club pecinta alam di salah satu kampus saya, dan jadi pengurus juga.

Hancur? Jelas!! Ngga maksimal? So pasti!!

Tapi yang jelas, ngga pernah ada kata-kata : sorry, ga bisa gw, sibuk!! Saya menjalankan semua kewajiban saya se minimal mungkin! Hahaha! Iya, maksud nya kalo minimal hadir 2 kali, pasti lah saya hadir 2 kali. Kalo diminta minimal datang rapat, pasti saya datang rapat. Kuliah jugabegitu, kalo dosen nya minta minimal 2 alternatif desain, pasti saya kasih 2. Kalo dosen nya minta minimal bikin makalah 5 halaman A4……. Ya jelas saya kasih 5 halaman A4, ngga kurang ngga lebih! Waktu kuliah dulu, lagi trend-trend nya istilah “desain minimalist” kalo sekarang sih, yang namanya “desain minimalist” tuh dah jadi standard ke-keren-an deh! Trus saya gembar gembor ke sana sini kalo saya nih aliran minimalist! Ya… karena itu tadi, saya selalu melakukan semua nya seminimal mungkin 🙂 ga pernah kasih bonus! Hahahha!!

Kalo ditanya, gimana cara bagi waktu untuk semua kegiatan itu? Jawabnya sederhana aja. Ga perlu hire manager untuk ngaturin jadwal, ga perlu organizer sophisticated buat nyusun jadwal. Yang penting adalah KOMITMEN, itu aja. Saya kerjain semua, berdasarkan urutan dead line, yang paling dekat di selesai’in dulu. Itu aja…..

Lha… kalo sekarang? Blog saya terlantar-terlunta lunta-terbengkalai……. apa yang terjadi dengan saya? Jawabannya, saya emang berkomitmen untuk tetap nge-blog, secara ini adalah cara saya untuk menghidupkan alter ego saya. Ini emang salah saya dari awal, karena,  suatu ketika, saya dengan iseng menghidupkan si alter ego, ternyata si alter ego merasa bahagia sekali!! Sekali nya saya mau matiin, mereka berontak!! Dan bikin hidup saya tak tenang! Akhirnya…. saya pun terikat komitmen untuk nge-blog. Na…..masalahnya, saya kok belum berkomitment untuk nge-blog secara teratur…. Secara be’ol saja, saya pake di bantu laxing, masak nge blog pake teratur??

Yang lebih susah lagi, 1 bulan ini saya membuat komitmen untuk memberi traffic pada sebuah forum baru. Kalo komitmen yang ini sih, berbau komersial dan materialistis…. Alias saya di bayar untuk itu. Setelah berjalan 5 hari, berasa saya pindah nge blog. Lha gimana, forum itu baru, orang belum banyak komen juga. Saya pasang thread baru  sendiri, lalu saya komen-komen sendiri (pake account lain tentunya) trus saya bikin pro-kontra sendiri….. Hahhahaha!! Semakin absurd aja kehidupan internet saya ini!! Setelah saya baca-baca, kok kayak blog saya ya?? Untung yang punya forum ngga protes.

Emang…..hanya komitmen lah yang bisa bikin hidup saya berjalan…..

Advertisements
Leave a comment

2 Comments

  1. hahaha… jadi inget beberapa tahun lalu saya berkomitment memulai cari duit lewat internet, sukses sebentar, dan bubar jalan kemudian…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: