Jangan nge-judge plisssss….!

Saat ini, saya lagi bertanya-tanya : Saya ini suka nge-judge ga ya??

Selama ini saya suka BT bin sensitive kalo dengerin orang nge-judge….. Biasanya, kalo lawan bicara mulai nge-judge, saya bakal diem aja. Males banget ngasih tanggapan.  Bukan gara-gara yang di omongin sodara saya loh…. orang lain yang saya ga kenal pun, saya ga suka denger nya.

Nah, pertanyaan nya, jangan-jangan saya juga demen nge-judge ya? Kan sering tuh, kasus nya, ada orang berkotbah ke mana-mana soal gaya hidup sehat, eh… ternyata diri sendiri merokok kayak lokomotif jaman penjajahan Belanda.  Atau yang lebih parah, homophobia banget, ga tahu nya… deep inside homo on denial! Jreng!! Jangan-jangan, saya juga suka tanpa sadar nge-judge? Temen-temen…. jangan d timpuk sandal plissss…..

Beberapa hari yang lalu, saya dapat e-mail dari orang Vietnam, tanya info rent car. Teringat bahwa saya pernah di tolong habis-habisan sama cewek Vietnam soal rent car juga, di Saigon, sayapun terpanggil untuk jadi hero bagi cewek Vietnam ini. Secara rute nya yang costumize banget, saya pun harus nanya kesana kemari soal harga. Setelah muncul harga, yang 7 digit gitu, secara dia minta nya ini itu, termasuk speaking english driver, si VN shock….. Over budget kata dia.

Kakak saya ngomel-ngomel panjang pendek. “Dia pikir Indo murah-murah gitu?? Ya yang wajarlah”. Ya, sebenernya harga itu bagus kok, bisa dibilang murah, bahkan! Tapi…. kalo ga ada duit, ya mo dibayar pake apa coba? Saya sendiri ga bakal menurunkan harga, gimana mo turun, kalo yang bikin harga bukan saya?? Akhir nya, si VN menurunkan standard. Saya pikir itu fair enough lah, kalo ngga mampu bayar hotel bintang 4, ya ga usah minta fasilitas continental breakkie buffet, fitness ama kolam renang laaaaah!!

Tapi, yang empunya rental mobil punya pemikiran lain. Setelah saya beritahu kalo penumpang nya adalah orang VN, dan minta speaking english driver, dia langsung membangun illusinya sendiri. Touris bule nih, kaya nih, duit banyak nih….. Terus, pas saya minta turun standard, karena harga yang awal overbudget…. BT lah dia. Saya mengerti, emang sakit banget, kalo kenyataan ngga seindah khayalan! Jatuh terhempas di dunia nyata, setelah melambung tinggi bersama expektasi emang ga enak! hahaaha!

Diapun mulai mengeluarkan kata-kata ngga enak, termasuk “Vietkong kere dan pelit”.

Well, kenapa mesti nge-judge sih?

Setiap orang kan punya kebutuhan  masing-masing. Hanya karena ngga mau mengeluarkan uang, langsung dikatain pelit, dan kere?

Beberapa hari yang lalu saya kedatangan tamu, traveler Spanyol. setelah 1 hari dirumah saya, mendadak ada request dari cewek British, anggota CS juga. Karena saya sudah pernah kenal si British, saya langsung terima aja. Setelah beberapa kali kesempatan, saya, si Spanyol dan si British itu ngobrol-ngobrol, mulai lah si Spanyol nge-judge.

Cuma gara-gara si British pake gelang funky, dan suka shopping, si Spanyol ngatain si British itu payah. Dia juga bilang si Bristish itu payah, karena dalam waktu 1 tahun dia tinggal di Indonesia, si Bristish itu ga bisa bahasa Indo. Iya, si Spanyol itu bisa bahasa indonesia lumayan, biarpun kacau. Tapi, secara dia emang crewet nya minta ampun, bicara adalah kebutuhan nya, ya… pantas lah dia berusaha balajar bahasa Indo, soalnya Inggris kurang merakyat di sindang!

Tapi, ngga mesti nge-judge si British juga kan?

Bukan karena saya ngga terlalu bisa bahasa asing, dan ngga terlalu tertarik bahasa, trus saya nge belain si British….. Saya cuma mikir…. perlu ngga sih, menilai seseorang itu payah gara-gara 1 tahun ngga belajar bahasa lokal? Atau karena dia lebih memilih Bali dan Jakarta, daripada blusukan di Papua, cari orang berkoteka? Kan kita bisa menilai seseorang dari parameter lain yang lebih dalam??

Hhmmmm…. entah lah… Semoga saya jadi orang ngga gampang nge-judge

Leave a comment

1 Comment

  1. sinta

     /  05/12/2014

    bener banget tuh!

    Reply

Leave a Reply

