Saya Janji Ga Telat lagi….

Saya ga tahu, di kota lain, apa ada SAMSAT corner kayak di Surabaya apa engga. Yang jelas, SAMSAT corner itu adalah anugerah yang luar biasa indah, yang bisa dipikirkan oleh Kepolisian!! Fantastic!!

Sudah bertahun-tahun lamanya , saya meyakini bahwa kepolisian itu sebenarnya adalah sebuah perkumpulan bagi orang-orang yang berkomitment untuk selalu bermuka 2 dan berstandard ganda. Gimana ga bermuka 2 dan berstandard ganda, kalau sebagai penegak hukum, ternyata Kepolisian juga secara konstan dan terus menerus melakukan tindak kriminal? Istilah nya, pagi nangkep maling, malem nya dia sendiri berangkat maling! Nah…. saya sih kesian aja sama malaikat yang menimbang dosa mereka, pasti pada putus asa kan? Sulit bener nih perhitungan nya!!  Tapi…..akhir nya…. SAMSAT corner menumbangkan keyakinan  saya! Well… ga tumbang juga sih, baru miring. Tapi…. tetep ini adalah sebuah trobosan luar biasa yang patut dihargai setinggi langit oleh masyarakat….

SAMSAT corner ini benar-benar diciptakan untuk kemudahan masyarakat….semoga  kepolisian dapat pahala banyak untuk pelayanan ini! Amiiiin!!

Dengan SAMSAT corner, bayar pajak STNK ga usah pake ngantri, ngga pake ngambil formulir ini itu, ga usah beli map, dokumen nya juga ga perlu disusun dengan aturan yang misterius! Tinggal bawa KTP, STNK, BPKB, ngga usah di copy segala, dalam waktu 5 menit, BERES! Bayangkan…. anugerah yang luar biasa!

Masalahnya… kalo bayar nya telat, SAMSAT corner ga mau terima!!

Jadilah, dengan kepala tertunduk lesu, menyeret kaki, sambil mengempit BPKB-STNK-KTP, saya ngesot ke SAMSAT beneran di Manyar.  Entah gimana caranya, gedung SAMSAT itu emang aura nya jelek banget! Dari radius 10 m aja udah kerasa ga enak bener. Begitu masuk…. lebih ga enak lagi! Ini masih untung juga, ga pake dikroyok “agen”. Bandingkan dengan 5 tahun yang lalu. Agen di mana-mana, mulai dari lapangan parkir, agen sudah berkeliaran!! Tawaran agen yang cenderung maksa, bikin pusing kepala, belom lagi alur yang serba ga jelas, akhirnya pemilik kendaraan pun terpaksa menghubungi agen, dari pada putus asa.

Dengan napas lega, sekarang ada meja informasi yang bisa ditanyain, biarpun jawaban nya suka ga jelas, plus jutek. Iya…. ngerti, orang-orang nanya nya samaaaa mulu, udah ada tulisan, masihhhh nanya! Pasti  capek kan? Saran saya,  coba gih tanya CS nya BCA, biar tahu apa arti capek melayani.  Sekarang juga sudah ada embak-embak yang siap membantu menyusun dokumen dengan tatanan misterius itu, sehingga kita ga perlu lagi memecah kan misteri susunan dengan lembar an duit! Alhamdulilah ya…. sesuatu bgt! SAMSAT sudah berubah banyak #SyahriniModeOn.

Tapi, tetep…. saya menyesal telat bayar pajak STNK saya. Soalnya, biar gimana kondisi nya, aura SAMSAT tuh tetep…. ga enak! Tempat itu menghisap kebahagiaan saya, kayak berkunjung ke kantor nya dementor! Belom lagi, ngurus apa-apa mesti pake map, yang harus dibeli di SAMSAT. Bukan nya saya pelit, ngga mau beli map yang harga nya cuma 2000 perak itu, tapi….. mikir ga sih, itu sampah map nya diapain? Di daur ulang? siapa yang ngurusin? Berapa banyak pohon yang harus ditebang buat bikin map yang cuma di pakai beberapa jam itu? Pemborosan sumber daya alam dan manusia!!

Sudah deh, saya janji, lain kali ngga telat lagi!

Tips : kalo mau ngurus apa-apa di SAMSAT, jangan lupa bawa bolpoint sendiri!!

Leave a comment

Leave a Reply

