2# 30 days stiching my Eurotrip dream : Syarat Pengajuan Visa

Kalo mo ngurus visa, pertama-tama, mesti bikin janji dulu. At least untuk Jerman dan Belanda, mesti bikin janji dulu, tentuin jam ama hari nya, lewat web site. Trus surat tanda janjian nya itu di print, di bawa pas ke embassy.

Mesti bawa apa aja sih, kalo mo ngajuin visa?

Menurut daftar yang saya dapat dari web site adalah :

1# 1 Formulir aplikasi, di isi dan ditandatangani oleh pemohon. >> Formulir ini bisa di download gratis dari website kedutaan yang dituju

2# 1 foto paspor terbaru berwarna latar belakang putih, ukuran 3,5 x 4,5 cm, biometrik >> Biometrik tuh foto yang supeeeer close up! Batas bawah nya sekitar  6 cm dari dagu. Trus ubun-ubun nge pas banget sama batas foto. Trus ga boleh senyam senyum, mesti muka netral. Biasanya, studio foto tahu sih, bilang aja foto buat mau pergi haji! Kalo ga yakin ini contoh nya  Fotomustertafel_2005_660mm_english_1.indd – download_visa_Photo

3# Paspor nasional berlaku minimal 3 bulan setelah tanggal berakhirnya visa >>Saya rasa jelas deh

4# Jadwal penerbangan / reservasi – Jangan membayar tiket penerbangan! >> Artinya, beli tiket di agent. Trus bilang di book, tapi ga dibayar, biasanya bisa di hold harga dan seat nya sampai 3 hari. Sebener nya ga berguna juga sih,  di hold 3 hari, secara visa nya tahu dapat apa ga nya 5 hari!! Tapi yang penting, kita ga usah beli tiket, jadi, kalo sampe ga dapat visa, ga perlu nangis gulung-gulung……

5# Surat undangan dari rekanan atau lembaga yang berkepentingan >> Nah, ini surat pengundang yang sudah saya bahas sampe berbusa di postingan sebelum nya.

6# Reservasi Hotel yang dikonfirmasi langsung dari hotel nya >> Artinya, kedutaan ngga mau terima booking dari pihak ke 3, alias agent, seperti Agoda, Hostelworld, booking.com, hostelbookers, dll. Jadi, silakan booking dai agent tadi, trus kalo sudah hotel nya di email satu persatu, diminta  konfirmasi. Email konfirmasi ini yang diterima oleh kedutaan.

7# Asuransi perjalanan, dengan nilai pertanggungan minimal € 30.000, – atau 50.000, – USD.  Dan, harus berlaku untuk semua negara Schengen >> Saya kemarin pakai AXA, premi nya sekitar 750.000, untuk 30 hari.

8# Bukti keuangan, dengan menunjukkan buku tabungan sampai 6 bulan kebelakang >> Nah…. berapa besar nya duit yang mesti mengendap itu?? Ini juga merupakan misteri besar! wkwkkw! Ga ada yang tahu jelas berapa. Ada yang bilang 34 UER per hari, ada yang bilang 75 Eur per hari, ada yang bilang mesti 100 juta!! Ga jelas! Kalau saya kemarin, saya menyiapkan 40 juta untuk 30 hari di Eropa. Sebenernya itu duit temen 10 juta, saya sengaja pajang-pajang selama 4 bulan…..  trus yang 12 juta harus nya buat beli tiket P-P ke Eropa. Jadiiiiii jujurnya, budget saya itu cuma 18-20 juta aja….

9# semua documen di copy

Nah….. ga ada surat jaminan dari tempat bekerja….. entah lah. Ini daftar saya dapat dari website nya embassy Jerman. Tapi, menurut saya, kalo emang kerja kantoran, ya mending pake surat ini, toh gampang juga dapat nya. Lain cerita nya kalo full time freelance kek saya. Kalau punya perusahaan sendiri, kata nya pake bawa surat pendirian perusahaan, entah lah…. Ga ngerti juga.

Ini contoh form aplikasi visa

Microsoft Word - Visakodex__Visumantrag__deutsch-englisch_120221

Microsoft Word - Visakodex__Visumantrag__deutsch-englisch_120221

Contoh lembar itinerary

form IT blog

Nah…… apakah ini cara mengisi form yang benar?? Entah lah….. Namanya juga urusan misterius, siapa yang tahu? Yang jelas, ini adalah cara saya mengisi form saya kemarin, dan ini berhasil. Selain menulis daftar hotel kecil-kecil di form, tentunya kita mesti bawa email confirmasi booking nya dari hotel-hotel itu.

Apakah saya benar-benar mengikuti itenerary yang saya buat? Ngga sepenuh nya. Yang jelas, semua hotel yang saya booking, langsung saya batalkan sesudah visa ditangan. Kenapa? Soalnya sebagian dari trip ini, saya pengen nebeng mania, secara saya emang anggota CS. Karena itu, paling enak booking lewat booking.com, soalnya ngga pake bayar deposit. Tapi hati-hati! Ada beberapa hotel di booking.com meminta deposit, bahkan meminta dibayar penuh tanpa cancelation! Pokok nya, kalo ada yang minta nomer CCV credit card, tinggal aja, cari hotel lain!

Leave a comment

1 Comment

  1. Owalah Soe… ke Jerman kok ya ndak bisa ketemuan. Eke penasaran deh dengan kesan-kesanmu atas kota-kota di Jerman. Aku sudah mulai crita-crita tentang Belanda di blog aku….

    Reply

Leave a Reply

