# 1 South Korea in the end of April 2015 : Visa hassle

Oh yeahhhhhh……. I’m back! Akhir nya, dengan perjuangan yang keras, penuh darah dan air mata, saya berhasil!! Berhasil bikin postingan lagi, maksud nyaaaaaa. Sesuai judul, kali ini adalah rumbling soal jalan-jalan.

Resmi saya buka episode Korea ini dengan postingan dalam bahasa Indonesia ala ala, mengenai VISA!

Sebagai pemegang passport ijo yang ga sakti2 amat ini, ke South Korea harus pake mengajukan permohonan visa ke kedutaan besar Korea Selatan, di Jakarta. IYA! Ga ada kon-jen nya di Surabaya. Berita baik nya, mengurus visa Kor-sel bisa pake agent, kita nya ngga usah setor muka ke kedutaan.  Secara saya orang nya demen ribet dan suka sok mandiri, saya pikir saya mau ngurus sendiri ke Jakarta. Kayak nya kurang greget gitu, kalo pake agent! Rasanya, kayak makan kepiting, tapi dikupasin orang lain! Ga seru kan, secara, makan kepiting itu asyik nya terkandung dalam proses bongkar cangkang itu #hehe

Tiket sudah dibeli tahun 2014 lalu, maklum, korban promo AA. Waktu beli tuh ada faktor impulsive nya, setelah beli baru mikir : kenapa Kor-sel yang harus pake visa? Kenapa ga yg free dulu, kayak Pino, ato Lao, ato Thai ato….. dll. Whateva, namanya juga impulsive. Kalo mikir dulu, namanya planning.

Akhir nya saya beli tiket Surabaya – Incheon, lewat KL (tentunya), lalu balik nya, Busan – Surabaya lewat KL lagi. Saya pake fasilitas fly trough, jadi ngga khawatir ketinggalan pesawat berikut nya.

Bulan berlalu, pas mendekati B -3 keberangkatan, baru mikir visa nya. Lama-lama luntur juga semangat ngurus visa ke Jakarta ini. Secara, rempoooong, banyak kerjaan, trus, biaya juga…… Akhir nya agent deeeehh. Hal yang bikin saya ragu-ragu pake agent itu, status pekerjaan. Itu deh, masalah klasik fulltime freelance yang ga kaya-kaya jua iniiiii…. Rekening koran mesti “dandan”, soal nya agent selalu pasang batas rekening tinggi banget! Trus agent biasanya minta surat jaminan pemberi kerja, yang jelas nya saya ga punya! Ada lagi, selain kerjaan ga jelas, saya juga single. Nah….. potensi ngga mau pulang besar niiiihhhh!! So, banyak agent ga mau melayani pemohon visa ga jelas macam saya ini 😦

Semula saya cukup sombong bahwa passport saya sudah kelihatan keren dengan beberapa tempelan visa, dan stempel. Keliahatan lah, kalo saya nih traveler OK yang ga demen bikin susah negara orang. Tapi……. setelah baca beberapa blog, saya nemu kasus-kasus visa Kor-Sel ketolak dengan alasan GJ! Langsung letoy dehh…!

Miss. Mini, si bakal teman 2/3 perjalanan saya, jelas pake agent. Kenapa 2/3? Ntar saya jelasin dipostingan lain (kayak ada yang pengen tahu??!!) Biarpun dia status nya sudah resign dari kantor, dia masih bisa minta surat jaminan pegawai dari bekas teman sekantor nya. Sementara saya, tetap dengan moto kesombongan : “Dunia ini suka diberi ratusan kebohongan, padahal sejujur nya, yang kita butuhkan adalah setetes kebenaran” . Intinya sih, saya males bikin surat bo’ong an gitu, ribet, mesti mohon-mohon ke teman, belom lagi harus deg’deg an nya, hehehe

Ternyataaaa……. selain rekening koran yang minimal 5o jt, syarat-syarat lain dari agent cukup masuk akal! Well, duit itu gampang laaahhh….. Agent yang dipakai Miss. Mini ngga masalah dengan status pekerjaan saya! Mereka minta saya bikin surat yang menyatakan bahwa saya menanggung biaya saya sendiri, dan saya adalah self employed. kayak apa model nya surat saya, ini dia :

kor 1

Semua fakta adalah benar, kecuali yang kelihatan terlalu drama

 

Syarat lengakap yang diminta sama si travel agent adalah :

kor 2

Daftar itinerary lengkap sama hotel/hostel nya, so pasti!

Begitulah, sayapun mengajukan visa lewat agent di Surabaya. Kalo pengen tahu agent nya, silakan komen, soalnya saya ga mau iklan gratis 🙂 Perhitungan banget dooong….. Saya juga ga di diskon kok! Untuk form visa Kor-sel nya, bisa di lihat di sini visakorean 

Selamat berjuang kakak!!

Leave a comment

1 Comment

  1. Interesting and always funny, I’ve already had a few chuckles….hahahaha

    Reply

Leave a Reply

