CouchSurfing, Tidak Untuk Semua Orang! (part 1)

Yup, emang CS (couchsurfing) tuh tidak untuk semua orang.

Saya malang melintang di CS sejak 2008. Ga lama-lama amat, sebenarnya, cuma kebetulan dari rentang tahun 2008 sampai 2016, banyak hal terjadi. Misalnya revolusi CS dari .org jadi .com. Booming sos-med, lalu CS pun jadi lebih sos-med friendly, bahkan bisa login lewat account FB. Traveling jadi trend, sehingga, otomatis hal-hal yang bau traveling jadi sorotan media. Termasuk CS itu sendiri. Perubahan yang cukup besar………

Oh iya, CS juga pake apps loh!!

Dulu, kalo saya menyebut Couchsurfing, jawaban orang adalah, “ngga tahu apa itu??” atau kalo ngga, “suka surfing di laut?”

Hari ini, kalo saya sebut Couchsurfing, jawaban orang adalah, “oh iya, yg nginep gratis2 itu kan? Pernah baca dimana gitu” atau “oh, bahaya tuh, ada yang dibunuh gitu kan!!”

Dulu, kebanyakan orang tahu CS, lalu bergabung, setelah diajak anggota lain untuk gathering (kumpul-kumpul off air). Atau at least diperkenalkan oleh anggota lain. Istilah nya “member get member”. Jadi, sudah ada semacam filter, buat anggota CS.  Hari ini, siapa saja bisa baca artikel soal CS, dan langsung gabung. Banyak orang terjun bebas aja, nggak tahu apa itu CS. Sebagian nganggep CS kayak FB, tempat cari gratisan. Dan banyak yang menganggap CS tuh tempat cari teman bule. Sebenernya, kalo “bule hunter” sih sudah ada dari jaman pertama saya ikut CS…….. Tapi hari ini jauh lebih banyak, dan makin ganas!!

Thanks to sosmed dan media………..

Media tuh menulis apa apa yg bakal dibaca orang. Saya ngerti banget itu. Yang dibaca orang adalah “Gratis” dan “hangout sama bule”. Yeah….. that’s it. Hospitality?? Opo kuwi?? Ga menarik!!

Sekali lagi CS bukan buat semua orang…… CS cuma buat orang-orang yang…..

  1. Mengerti soal menjadi tamu di rumah orang
  2. Mengerti cara menggunakan otak dengan benar
  3. Mengerti cara menjaga keseimbangan antara memberi dan menerima
  4. Mengerti cara menjadi traveler yang baik

Ekspos dari media ini ga selalu buruk, untuk CS……… seharus nya. Soalnya, makin terkenal, makin banyak member, makin besar kemungkinan dapat host. Tapi……. masalah nya, banyak anggota baru adalah “pasukan berani mati” itu tadi. Ngga ngerti apa-apa soal CS, tapi berani bertingkah se-mau-nya…… Damn!!

 

 

 

 

 

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

2 Comments

  1. Setuju banget sama tulisan kamu, Soe. Hahaha… Dan sayangnya semuanya benar. Terlebih yang bule hunter. Kalau bukan bule nggak mau di-host. Nggak cakep, nggak terlihat mapan, nggak mau di-host juga. Kesel. Hahahaha…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: